selasa, 27 september 2011pelatihan manajemen packging

Jejak hanif abdan syakuro today 085740028487 , selasa 27 september 2011 :

 

 

DIKLAT MANAJEMEN PRODUKSI BERBASIS KEMASAN PRODUKSI PACKAGING BAGI UKM SE PROVINSI DIY TA. 2011

DISPERINDAGKOP & UKM PROVINSI DIY

 

 

MATERI MANAJEMEN

Gita Danuprata

 

Orang yang merokok yang hanya terpengaruh bungkus merk itu ada. Padahal isinya sama rasanya.

 

Alasan memilih kemasan untuk minuman instan navita secang adalah :

–         Mengikuti khas yang bersifat tradisional dan alami.

 

Kewirausahaannya sudah menemukan belum?

 

INPUT =

–         Bahan baku

–         Tenaga kerja langsung

–         Modal

–         Kewirausahaan (keunggulan atau nilai tambah, tidak puas dengan selama ini dan selalu ingin berubah)

 

Makanan itu tidak pernah berhenti, kalau kita emang kreatif dan inovatif

 

Peyek ? kekerasannya beling-beling atau kremes-kremes.

 

PROSES (PRODUKSI) =

–         Mesin / alat

–         Desain

 

PRODUK JADI =

–         Barang kerajinan

–         Kemasan

–         Jasa hantaran

 

Check kesehatan => sekarang jemput bola; dia masuk ke kantor-kantor

 

Mengenal (ta’aruf) => memahami => mengingatkan (tausiah) => menolong => saling menanggung (takaful)

 

Sinetron biasanya hanya berisi rebutan kekayaan dan rebutan kekasih. Sebaiknya jangan kita tonton.  Karena kita bisa kug sukses bersama dengan muhasabah. Karena sebenarnya kemampuan kita sama; hanya kita yang saling menjegal.

 

Cultur => untuk mengubahnya lama

 

Bagaimana kita akan kuat kalau kita tidak menghargai buatan bangsa kita?

 

Benar menurut ukuran ahlinya, bukan benar menurut kita sendiri.

 

Mentalitas Buruh

Yaitu mentalitas untuk menghargai bangsa lain bukan bangsa sendiri.

 

Aspek Manajemen Produksi.

–         Desain produk

–         Desain pengemasan

 

Orang Jepang itu jarang duduk

Orang Jepang itu malu jika hutang bukan untuk usaha

Kalau temannya berkreasi, marilah kita dukung. Kenapa kita tidak bersatu.

 

Orang luar negeri ituh sangat perhatian pada produk yang ramah lingkungan.

Hasil penelitian pertama aqua => ait mineral itu tidak akan laku , kemudian malah laku bahkan pernah lebih mahal dari bensin karena packagingnya.

 

Kalau dengan konglomerat => kita ikud ceruk pasarnya dulu dan menjadi follower terlebih dahulu.

 

Batik bantul = pewarna alam

Batik pekalongan = pewarna kimia

 

Orang makan peyek => tidak peduli cara menggorengnya. Yang penting dimulut jangan beling, dan belum dimakan jangan remuk.

 

Filosofi MARKETING = buat barang yang bisa dijual

AQUA

240 ml = Rp 500

1 liter = Rp 2.000

“kita tidak menjual produknya semata-mata”

Internet = media menawarkan diri. Tulis CV yang paling lengkap di internet.

 

Aspek Manajemen Produksi.

Lokasi =

–         Mendekatkan bahan baku

–         Mendekatkan tenaga kerja

–         Mendekatkan pasar

Sentra peyek = pelem madu

Bakul buah = sekitar UNY

Bakpia = pathuk

 

Layout

Biar ga balik2 (konsumen bingung tata ruang, jalan masuk dan jalan keluar) tata ruang itu penting. Contoh : tungku hemat energi

–         Cendela di tempat produksi

–         Limbah harus dialirkan di tempat lain

–         Ada cerobong asap

 

Kita itu perlu contoh. Bagaimana kita itu menjadi inspirator.

Cari internet = layout untuk perusahaan ini (sesuaikan kebutuhan perusahaan anda)

 

Eranya sudah berubah, kalau tutup mata, kita tidak tahu realitas.

Kita akan tertarik jika tikus makan kucing. Bukan kucing makan tikus. Itulah sinetron.

 

 

MATERI dari ISI (institut seni indonesia)

DESAIN PRODUK

Anwar Hidayat (dosen Akademi Teknologi Kulit, ringroad selatan)

Asli klaten dari SMA n 5

Alamat : lor pasar demak ijo, Kr. Nongko, Klaten

 

 

Packaging itu apa? Pertama ini ide-ide, mengenalkan gambar. Yang paling penting dalam packaging adalah kemudahan dalam membawanya. Packaging adalah tempat atau wadah suatu produk yang berfungsi untuk mengemas atau membungkus.

 

Fungsi Packaging :

–         Tempat / wadah produk

–         Pelindung / pengaman

–         Sarana mempermudah pengangkutan

–         Sarana promosi

–         Sarana peningkatan laba

 

Warna yang menggugah selera. Kita pengen memberikan kesan produk itu seperti apa? Kalau banyak kata-kata tidak ada orang yang mao baca. Solusinya kasih gambar.

 

Saat kita mencoba berubah, kita perlu memberikan harga produksinya (menimbang harga produksi packaging baru)

 

Manfaat =

–         Meningkatkan citra produk

Contoh = memberikan kesan, renyah, gurih, itu gimana? Apakah dengan gambar? Warna? Kata2?

–         Strategi memenangkan persaingan pasar.

Contoh = tidak bisa dicoba, jadi kemasan harus bisa bersaing

–         Memberikan kepastian kualitas

Nama2 tradisional itu dibutuhkan untuk menjamin kekhasan

BRAND IMAGE

Bangun Brand Image itu tidak cuman setahun , dua tahun, secara tidak sadar kita terus membombardir.

 

Faktor Penting =

–         Tulisan pada packaging harus sesuai dengan isi

Contoh = bisa membuat orang tertarik tanpa harus ngapusi, ada uji lab. Ini bisa menyembuhkan penyakit ( berkhasiat) harus ada uji lab terlebih dahulu, karena masuk kategori obat.

–         Secara fisik kuat

–         Mudah dan nyaman digunakan

–         Meningkatkan citra produk

–         Harga kemasan relatif sesuai dengan nilai produk.

–         Bahan kemasan bisa di daur ulang (negara maju)

 

 

 

Sekarang = menjual apa yang dilindungi, tidak hanya melindungi apa yang dijual

 

Daya tarik fungsi =

–         Kegunaan

–         Ukuran

–         Kepraktisan

–         Kekuatan

 

Daya tarik visual =

–         Warna dan tekstur

–         Dll

 

Syarat desain =

  1. Merk / logo
  2. Nama produsen
  3. Nama produk
  4. Informasi / text
  5. Harga / barcode
  6. Warna
  7. Bentuk
  8. Ukuran
  9. Tipiografi

 

Lulur produk => perlu contoh gambar wanita cantik, kita ini punya perilaku imitasi

Simbol apa yang mewakili tanpa harus menceritakan?

 

Jamur kuping => teksnya yang dimainkan, tebal huruf mempengaruhi citra, font nya gembul2

 

Suatu ketika desain kemasan produk harus diubah , untuk mengurangi kejenuhan, karena suatu ketika masyarakat akan bosan dan jenuh.

 

Sebut nama Produk

Baru kemudian dibawahnya nama merk.

Shingga konsumen jelas menangkapnya

Contoh = bajigur, baru dibawahnya merk pembuat bajigur.

 

Kapan merubah suatu kemasan?

Mengapa ?

–         Perubahan dari produk

–         Perubahan dari sistem distribusi

–         Cara penjualan eceran yang baru

–         Cara persaingan berubah

 

Curah Ide (Brainstorming)

Produk

Nama produk

Logo/filosofi logo

Warna

Keunggulan / manfaat

Perijinan

Halal/haram

Image/gambar

Bentuk wadah

Dihari terakhir bisa konsultasi harga untuk kemasan. Karena akan didatangkan orang dari percetakan.

 

Bu Endang

Jl tamansiswa joy negaran RW 13

Kripik jamur

Peyek

Abon ikan

Cake

Sama2 satu ons => di toples => lebih disukai pengalaman ini didapat di pameran carrefour.

 

Bu Murgiyanti

Gunung Kidul

Adanya dokumen sistem mutu

Bagaimana menampilkan kesan eksklusif

Dibuat GOGREEN

Segitiga bentuk modular, (segitiga ditumpuk2)

HAKI (hak kekayaan intelektual)

 

Supatmiyati

Perum Sedayu Permai

Keripik?

Plastiknya yg cerah baiknya jenis B40 beli dibelakang PKU

 

Amy Rahmawati

Gamping

Sari Kedelai dan ceriping pisang

 

Yogi

Mino

Bakpia Bu Giek

Keunggulan = pengepakan dan lebih krispi (bakpia kering)

 

Kita sebagai seorang pengusaha harus sadar mengenai logo, logo warna berubah boleh, jika warna background sama dengan warna logo, jadi warna logo dibuat negatif (kontras) dibanding warna backgroundnya.

 

Konsistensi dari layout harus diperhatikan, terutama dari berbagai rasa, jika yang berubah warnanya.

 

Hanif

Warna desain bungkus yang baru kurang berani

Konsistensi logo

Jangan pakai steples, pakai stiker aja ! joss

Bungkus bisa mengatakan “alami”

Manfaat dari secang, bukan khasiat

Tambah diproduksi di Umbulharjo, Yogyakarta biar gampang dilacak.

Steples itu ga higenis untuk makanan.

 

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan Aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.

 

Mario Teguh :

Adikku yang baik hatinya,

Jika Engkau ingin duniamu lebih damai , lebih menghargaimu, dan menumbuhkanmu sebagai pemimpin mereka, janganlah mengurangi keindahan dari penciptaanmu dengan bicara yang tag pantas lagi seorang pemimpin masa depan.

 

Siapkanlah dirimu untuk menjadi pemimpin yang jujur, penyayang, tegas, dan adil.

 

Muliakanlah dirimu.

 

Peliharalah prasangka baikmu terhadao Tuhan dan kehidupan, pikirkan , dan lakukan hanya yang baik

 

Mulailah segala sesuatu dari kedamaian.
Berbicaralah hanya jika kata-katamu lebih bernilai daripada keheningan.

 

Sahabatku, Allah adalah sumber kekuatan yang kokoh ditengah cobaan hidup yang terjadi pada diri kita. “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya” (QS Ath Thalaq :4)

 

Setiap saat, kita bisa bertemu dengan orang yang egois/menjengkelkan. Jangan terganggu! Jangan pula ditiru! Itu adalah peluang luarbiasa untuk belajar dan memperluas dimensi hidup kita. Setujukan? Salam sukses. Luar biasa !

 

IBU RITA

Produk = aneka kripik

Merk = SS ADITA

 

“Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah “Yang lebih dari keperluan”. Demikianlah Allah menerangkan ayat2Nya kepadamu supaya kamu berfikir” (QS albaqarah : 216)

 

Nabi Shallahu ‘alihi wassalam bersabda, “Tidak ada shadaqah kecuali setelah kebutuhan (wajib)

terpenuhi. “ Dan dalam riwayat yang lain, “Sebaik2 shadaqah adalah jika kebutuhan yang wajib terpenuhi”

 

Pernah lihat KFC ?

Di dalamnya ada gambar ayam yang sudah matang. Renyahnya muncul dari foto. Lihat foto-foto di menu selalu lebih baik dari yang disajikan.

 

Sahabatku yang terluka hatinya, aamiinkan doa ini, maka Allah menyembuhkan sakit dan luka hati Anda “Allahumma rabbanas, adz-hibil ba’sa isyi antasy-syafi la syifa’a illa syifa’uka, syifa’an la yughadiru saqaman “ Ya Allah , Tuhan Pemelihara manusia, hilangkan penyakit, sembuhkanlah ! Hanya Engkau yang bisa mnyembuhkan , tidak ada kesembuhan kecuali dari Mu, Kesembuhan yang tidak meninggalkan satu penyakitpun (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Kebebasan finansial memang indah.

Namun perjalanan menuju kesana, belum tentu indah kita perlu berdoa, berusaha, dan belajar LEBIH KERAS ketimbang orang rata-rata.

Sayangnya, tidak semua orang mau melakukannya , bagaimana dengan Kita? Siapkah?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebaiknya membentuk kelompok lagi dibawah bimbingan koperasi, sehingga nama merk pakai nama kelompok , bukan nama koperasi. Mengantisipasi jika omzetnya udah tinggi pasti koperasi keroyokan (menjadi rebutan koperasi) , maka dibuatkan brand bukan milik koperasi tapi milik kelompok. Baru ijinnya di daftarkan atas nama individu di kelompok.

Sabagai catatan : sleman tidak mao keluar izin untuk kelompok (karena kurangnya tanggung jawab untuk kelompok), hal ini terjadi dikabupaten sleman

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: